BLOGGERS-ISLAM

BLOG SEPUTAR DUNIA ISLAMI

Diberdayakan oleh Blogger.

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu


Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu, niat wudhu, doa sesudah wudhu, doa sebelum wudhu dan sesudah wudhu, doa sebelum wudhu dan batin, doa setelah berwudhu, doa sebelum sesudah wudhu, bacaan doa setelah wudhu, doa setelah selesai wudhu

Sisi pertama: Tata cara wajib di mana tidak sah wudhu tanpanya, yakni yang disebutkan dalam firman Allah l:
“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kalian hendak mengerjakan shalat, basuhlah wajah-wajah kalian dan tangan-tangan kalian sampai siku. Usaplah kepala-kepala kalian dan cucilah kaki-kaki kalian sampai mata kaki….” (al-Maidah: 6)

Mencuci wajah sekali, termasuk madhmadhah (berkumur) dan istinsyaq (menghirup air ke hidung), mencuci dua tangan dari ujung-ujung jari sampai siku sekali. Ketika mencuci lengan ini, orang yang berwudhu hendaknya memerhatikan kedua telapak tangannya dengan turut mencucinya bersamaan dengan mencuci tangan. Karena sebagian manusia melalaikan hal ini hingga tidak mencucinya, namun hanya mencuci lengannya. Ini jelas satu kesalahan.

Setelah itu ia mengusap kepala sekali termasuk mengusap kedua telinga karena kedua telinga merupakan bagian dari kepala. Sebagai penutup wudhunya, ia mencuci kedua kakinya termasuk mata kaki sekali. Demikian tata cara wudhu yang wajib dan tidak boleh ditinggalkan.
Sisi kedua: tata cara yang mustahab (sunnah) yang akan kami sebutkan berikut ini dengan memohon pertolongan kepada Allah

Berikut ini urutan-urutan langkah atau tata cara melakukan wudhu / wudlu:

  1. Membaca doa sebelum wudhu.
Bacaan Doa Sebelum Wudlu
“Allaahummaghfir lii dzanbii, Wawassi lii fii daarii, wabaarik Lii fii rizqii”
Arti Doa Sebelum Wudlu
“Ya Allah, ampunilah dosaku, lapangkanlah rumahku, dan berkahilah rejekiku.”
  1. Mencuci / membasuh kedua telapak tangan tiga kali sambil membaca basmalah.
  2. Bismilaahir rahmanir rahiim
  3. Membersihkan mulut dan lubang hidung, masing-masing sebanyak tiga kali.
  4. Membasuh muka sebanyak tiga kali sambil mengucapkan doa niat wudhu.
Bacaan Doa Niat Wudhu
“Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa”
Arti Doa Niat Wudhu
“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata.”
  1. Mencuci / membersihkan tangan kanan dan kiri, mulai dari ujung jari hingga pangkal / batas siku, masing-masing sebanyak tiga kali.
  2. Mengusap kepala mulai dari dahi hingga batas rambut bagian atas sebanyak tiga kali.
  3. Menyapu / membersihkan kedua telinga mulai bagian daun telinga bawah dan menuju bagian atas, sebanyak tiga kali.
  4. Mencuci / membersihkan kaki kanan dan kiri, mulai dari ujung jari merata hingga mata kaki, masing-masing sebanyak tiga kali.
  5. Membaca doa setelah wudhu.
Bacaan Doa Setelah Wudhu
“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna mUhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”
Arti Doa Setelah Wudhu
“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukanNya. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli bertobat, jadikanlah aku orang yang suci, dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang saleh.”
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bacaan / Do'a / Saran dengan judul Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bloggers-islam.blogspot.com/2013/02/doa-sebelum-dan-sesudah-wudhu-serta.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Arif Rifany - Senin, 18 Februari 2013

1 Komentar untuk "Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu serta Tata Cara Wudhu"